Linux untuk Teknisi Gedung

September 21st, 2014

Saya sekarang bekerja sebagai teknisi gedung.memang “hanya “ mengurusi segala jenis bidang teknis pada gedung yang kalau dilihat cuma seputar gedung tetapi komplex .

Perkenalan pada linux sebenarnya berawal dari coba -coba .karena sering membaca terutama tentang teknik dan teknologi .waktu itu sekitar tahun 2006-an membaca majalah yang ada bonus cd linux .langsung coba instal dan langsung berantakan (hiihiii ) karena pengetahuan yang sedikit tentang linux jadi sewaktu instal pertama kali semua data terformat .
Seiring berjalannya waktu banyak membaca banyak mencari tahu di internet jadi sekalian aja deh . Sampai sekarang komputer saya linux full . Sebelumnya cuma coba live cd lalu dual boot dengan Os yang sangat familiar karena disekolah di tempat kursus di warnet semua cuma itu aja . Tetapi sekarang sudah banyak yang coba linux .

Ok hubungan dengan pekerjaan saya sekarang dengan linux makin erat saja . Berawal dari membuat laporan sampai pada mendesain ruangan atau lantai .semua program yang saya jalankan GRATIS dan bukan bajakan dan semua belajar secara otodidak .

Openoffice / libreoffice
setiap bulan kami membuat laporan kepada atasan segala macam pekerjaan kami (kenapa kami karena satu komputer dipakai bersama ). jadi pada awalnya rekan kerja saya juga terpaksa menggunakan linux karena komputer yang OS sebelumnya sering terjangkit virus . Sampai sekarang banyak yang meminta untuk instal linux dikomputer untuk rumah mereka karena banyak game yang edukatif untuk anak – anak .

Drafsight
software gratis yang hampir sama dengan Autocad ( bayang kan saja kalo membeli versi aslinya) . Biasa digunakan sebagai mendesain ulang ruangan atau lantai pada gedung tempat saya bekerja .software ini sangat berguna karena banyak membantu pekerjaan kami sebagai teknisi.

Sweet home 3d
software gratisan yang berfungsi mendisain rumah atau ruangan dengan segala perabotan atau furniture yang kalau kurang bisa didownload di internet .

banshee / Gnome player / vlc (multimedia)
sofware yang biasanya sudah tergabung dengan linux digunakan untuk memutar lagu atau film . Ini juga sangan membatu kami untuk memutar lagu untuk area gedung .

Sebenarnya banyak sekali yang akan kami gunakan untuk operasional gedung yang lain sampai sekarng masih dipelajari dan diexplore lebih dalam lagi . Seperti perangkat untuk CCTV zone minder misalnya , atau yang lain sebagai pengganti alarm system .automation system dan yang lainnya .atau untuk dirumah misalnya untuk santai main game sudah sangat berlimpah .untuk pendidikan anak dan banyak yang lainnya

Karena saya bukan seorang yang expert di bidang komputer atau linux tulisan saya hanya segini saja dan juga hanya mencari yang sangat dibutuhkan dalam pekerjaan sehari hari.terima kasih Allah subhanahu wataalah yang telah mempertemukan saya dengan linux dan terima kasih kepada semua orang yang telah berkontribusi bergotong royong sebagai penemu pengembang linux sampai sekarang

terima kasih

/home/teknisi/Pictures/Screenshot from 2014-09-22 05:37:03.png
aplikasi drafsight versi gratis

/home/teknisi/Pictures/Screenshot from 2014-09-22 05:42:06.png
aplikasi sweet home 3d

*Header Illustration Licensed Under CC Public Domain by Pixabay.com

hamdani.andan, Hidup saya cuma untuk ibadah (kewajiban kepada Allah , Bekerja , Belajar , Menafkahi keluarga , Makan , Tidur , .........)

5 Komentar »

  1. Alangkah baiknya jika suatu artikel masalah desain itu disertai skrinsot yang memadai. Tanpa itu, suatu artikel cukup sulit dibayangkan.

  2. author post ini saya baca bernama hamdani andan, apakah mas orang yang berdomisili di medan, ??


  3. hamdani.andan

    @pa Ade Malsasa Akbar = betul itu pa tapi sayangnya sampai saat ini saya masih belajar,saya cuma merubah desain yang sudah ada untuk perubahan yang terjadi di pekerjaan saya.
    @ Pa Laxus = bukan pa saya asli Betawi . tinggal di Bekasi kerja di Jakarta


  4. hamdani.andan

    terima kasih admin gambarnya bagus

  5. […] http://www.linux.or.id/linux-untuk-teknisi-gedung.html […]

Beri Komentar

Nama

Alamat Email

Alamat Website

Komentar