Aparat Desa dilatih OS Linux & Membuat Blog

December 8th, 2015

Dishubkominfo Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, mengenalkan pemerintahan berbasis elektronik atau E – Government kepada para aparatur desa melalui acara pelatihan pembuatan blog, email dan internet security. Kasi Pengkajian, Pengembangan Kominfo dan E-Gov, Dishubkominfo Tabalong Eddy S. di Tanjung mengatakan penggunaan teknologi informasi dapat meningkatkan hubungan antara pemerintah dan pihak lain.

“Beberapa strategi pengembangan E-Goverment diantaranya memanfaatkan teknologi informasi secara optimal dan menata sistem manajemen dan proses kerja pemerintahan,” jelas Eddy dihadapan 120 aparatur desa dan beberapa perwakilan sanggar seni.

Strategi lainnya mengembangkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) di lingkungan pemerintahan dan meningkatkan e-literacy masyarakat dan melaksanakan pengembangan secara sistematik melalui tahapan yang realistik dan terukur.

Selain materi pemerintahan berbasis elektronik, pelatihan juga mengenalkan pengenalan internet, Open Source Software (OSS) Linux (baik itu lokal seperti blankon ataupun mancanegara seperti linux mint/ubuntu, email hingga pembuatan website/blog.

Pelatihan ini digelar selama sembilan hari sejak 25 Mei sampai 4 Juni 2015 di MCT dengan tujuan peserta bisa mengoperasikan internet melalui pemberian teori, sharing pengetahuan yang dikuasai peserta hingga praktek langsung.

Sebelumnya Kadishubkominfo Tabalong Drs. Nanang Mulkani, MSi juga memberikan pemaparan terkait terbentuknya bidang Komunikasi dan Informatika sebagai lembaga pemerintah yang bergerak di bidang teknologi sistem informasi.

“Bidang Kominfo mempunyai tugas spesifik meliputi integrasi sistem, pengembangan Sistem aplikasi (SIM), sistem jaringan dan telekomunikasi, internet hingga pelayanan jasa konsultasi yang berhubungan dengan IT,” jelas Nanang.

sarabakawa,

0 Komentar »

Beri Komentar

Nama

Alamat Email

Alamat Website

Komentar