Hosting Unlimited Indonesia

Cara Membuat Gambar WebP Menggunakan Gimp

August 27th, 2020

WebP adalah format gambar terbaru yang dapat mengkompresi gambar dengan sangat ringan untuk format gambar di website ataupun blog, yang dapat membuat website akan semakin ringan dan membuat kecepatan membuka website jauh lebih cepat.

Penggunaan format gambar ini memiliki ekstensi berakhiran .webp dimana format ini memiliki ukuran jauh lebih kecil dibandingkan dengan format .jpg dan .png , penggunaan format gambar webp ini sangat dianjurkan bagi para pemilik website atau blog. Dimana format ini sangat ampuh untuk mengurangi bandwith penggunaan gambar ukuran besar dimana akan mempengaruhi kecepatan load web / blog.

Kompresi yang diberikan oleh WebP ini menghasilkan lebih dari 20% lebih ringan untuk format PNG, dan 30% lebih untuk format JPG. Dengan kompresi yang sangat tinggi tersebut mampu membuat gambar di blog / web akan semakin ringan.

Untuk Contoh gambar WebP silahkan download gambar ini.

Saat ini semua browser yaitu Chrome, Firefor, Opera dan lainnya sudah mendukung format .WebP ini agar gambar dengan format ini bisa tampil di semua browser bahkan untuk browser Internet Explorer sudah dapat menampilkan format gambar web ini.

Cara Membuat Gambar WebP Menggunakan Gimp
Caranya sangat mudah, tinggal export as saja, karena dukungan format webp sudah ada di gimp terbaru. Lebih jelasnya seperti di gambar ini.

cara membuat gambar webp menggunakan gimp

Udah, itu aja 🙂

Kalau ingin menyimpannya sebagai animasi, tinggal diatur saja waktu delay-nya.

Oh ya, untuk mengaktifkan support format webp di WordPress baca di website saya ya.

Amrin Zulkarnain, Makhluk ganteng yang duduk di balik laptop siang dan malam. Tinggal di Ampenan, kota tua yang indah. Kunjungi saya jika anda butuh Jasa Pembuatan Website dan Tema WordPress di Lombok.

0 Komentar »

Beri Komentar

Nama

Alamat Email

Alamat Website

Komentar