GLITI, KSL di Institut Teknologi Indonesia

January 14th, 2017

Institut Teknologi Indonesia adalah perguruan tinggi yang terletak di daerah Serpong, Tangerang. Bisa dibilang “kampus teknik” karena hampir semua program studinya menjurus ke teknik. Berdiri sejak tahun 1984 dibawah naungan Persatuan Insinyur Indoneisa (PII) dan Yayasan Pengembangan Teknologi Indonesia (YPTI)

Pergerakan dunia opensource dan Linux di kampusini bisa dibilang cukup pesat walaupun tidak terlalu nampak. Seringkali ada seminar atau workshop yang terselip unsur-unsur free/opensource software. Pengguna, pemerhati, penggemar dunia free/opensource software pun ada jika dicari. Namun hal yang mengherankan adalah sejak awal kampus ini didirikan, belum ada wadah yang menyatukan para penggiat dunia free/opensource software. Baru pada tahun 2009 dibentuklah Kelompok Studi Linux (KSL) Institut Teknologi Indonesia atau KSL ITI yang diresmikan dan disaksikan oleh KPLI Tangerang. Tidak banyak yang penulis ketahui tentang era mereka. Namun karena alasan tertentu KSL ITI hiatus.

Tujuh tahun kemudian, rasa mengherankan tadi muncul dibenak beberapa mahasiswa penggiat free/opensource software. Pada awal Agustus 2016 mereka membuat sebuah perkumpulan yang dinamakan “Linux Lounge ITI” dan menjadi cikal bakal dari kudeta terhadap KSL ITI.

Seiring waktu mereka mulai mencari informasi tentang keberadaan komunitas. “ada apa nggak sih?” didapatlah fakta bahwa dulu sempat ada pergerakan komunitas di kampus ini. Dan beruntungnya blog yang dibuat oleh komunitas terdahulu pun masih ada dan masih bisa dikunjungi. Inisiatifpun muncul, segelintir mahasiswa penggiat berniat untuk melakukan kudeta pada KSL ITI yang hiatus. Poster dibuat untuk mengumpulkan para penggiat free/opensource software yang lain. Awal Nopember 2016 terbentuklah KSL baru di kampus dengan nama “GLITI” atau “GNU/Linux Institut Teknologi Indonesia”.

Kegiatan-kegiatan GLITI pun sudah berjalan seperti kopdar rutin mingguan yang diisi materi seputar free/opensource software dan pemrograman. Sampai saat ini GLITI masih bersifat komunitas informal di kampus.

Mari kita doakan agar pembentukan GLITI dapat membawa berkah bagi para penggiat F/OSS di kampus ITI. Aamiin..

website GLITI: http://gnulinuxiti.blogspot.co.id

email: kontakgliti@gmail.com

Katyusha, Kalo Linux itu cewek, mungkin kita udah nikah.

0 Komentar »

Beri Komentar

Nama

Alamat Email

Alamat Website

Komentar