Indonesia Kreatif dengan Open Source

March 31st, 2015

Kemajuan teknologi di Indonesia yang sangat signifikan dalam dunia pendidikan, dalam dunia game, dalam dunia sosial, dll. Memaksa indonesia harus berpikir jauh kedepan untuk mengatasi permasalahan permasalahan yang timbul dari kemajuan teknologi yang signifikan itu. Salah satunya mengenai legalisasi software, di Indonesia pada modern ini banyak timbul masalah tentang pembajakan HAKI, terutama dalam pembajakan software komputer. Dari permasalahan itu timbul karena masalah pembelian lisensi software yang sangat mahal. Nah, dari itu pula muncul berbagai pihak yang berusaha untuk mencuri atau membobol lisensi (dalam dunia komputer di sebut crack), dan crack tersebut disebar luaskan ke kalangan pengguna software. Semua itu tentunya sangat merugikan semua software developer, karena tidak hanya satu dua orang saja yang membajak software, tapi kebanyakan pengguna komputer di Indonesia ini juga membajak lisensi software yang telah disebarluaskan oleh cracker tersebut. Tidak hanya software developer saja yang mendapat banyak kerugian, tapi Negara Indonesia ini pastinya juga akan mengalami kerugian karena tidak ada pajak yang masuk ke devisa negara karena ulah pembajak tersebut.

Nah, bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut???

“OPEN SOURCE”, itulah kata-kata yang harus di pikirkan Indonesia kedepan. Kenapa Indonesia harus memilih Open Source sebagai jalan untuk mengurangi pembajakan di Indonesia??

Indonesia harus menggunakan open source sebagai jalan keluar dari masalah diatas karena open source memiliki banyak sekali kelebihan. Open source ini bisa di dapatkan siapa saja yang ingin menggunakannya, karena open source ini bersifat gratis, jadi tidak hanya lisensi softwarenya yang gratis, pengguna computer juga dapat merubah isi program tanpa meminta izin atau membeli sebuah lisensi terlebih dahulu,dan semua itu merupakan jalan untuk mengurangi pembajakan yang banyak di lakukan di Indonesia. Kemudian open source ini juga tidak kalah hebatnya dengan yang closed source, meskipun gratis tapi kemampuannya saat ini sudah tidak diragukan lagi.

Kenapa pengguna komputer harus beralih ke open source?

Open Source memiliki kelebihan dan juga manfaat yang sangat banyak bagi penggunanya, selain software lisensinya yang gratis, ada banyak manfaat yang bias pengguna dapatkan dari open source, seperti :

  • Meningkatkan Citra Negara :

Tahukah anda, bahwa pembajakan juga mempengaruhi citra sebuah Negara? Dan juga menjadikan citra sebuah Negara itu turun? Secara tidak langsung, hubungan dagang sebuah Negara dengan Negara lain pasti akan tercoreng namanya karena sebuah pembajakan, karena software tidak hanya di produksi oleh dalam negaranya saja, tetapi juga harusbekerja sama dengan Negara lain, seperti halnya sebuah software sistem operasi.

  • Kreativitas :

Dengan Open Source, kta bisa mempelajari cara kerja perangkat lunak, kita juga bisa memodifikasi perangkat lunak tersebut tanpa takut mahalnya lisensi, karena open source ini bebas untuk dirubah kode/sourcenya, karena open source ini gratis. Tidak hanya memodifikasi,kita juga bisa membuat perangkat lunak sendiri dengan dengan sumber yang ada.

  • Penghematan :
  1. Hemat waktu :

Dengan keamanan system open source yang sangat baik, kita tidak usah repot-repot membuang waktu kita untuk membersihkan virus komputer yang terjadi pada closed source (baca : Windows).

  1. Hemat Biaya :

Kita harus berpikir, berapa banyak biaya yang kita perlukan untuk membeli sebuah software?

(Open Source is Free)

  1. Hemat Devisa :

Kita menggunakan Open Source juga akan menghemat devisa Negara, karena kalau kita menggunakan produk yang proprietary, pengeluaran devisa Negara akan banyak keluar karena harus lari ke luar negri untuk membeli sebuah lisensi.

 

 

^^^^^^ +++ GO OPEN SOURCE +++^^^^^^

INDONESIA KREATIF DENGAN OPEN SOURCE

sumber

Aris Supriyanto, Saya adalah pengguna linux yang masih pemula (newbie), yang berusaha membagikan ilmu bagi sesama newbie (master boleh baca), saya kuliah di UTY (Universitas Teknologi Yogyakarta). dan silakan kunjungi website resmi saya http://www.aris-source.com

2 Komentar »

  1. […] http://www.linux.or.id/indonesia-kreatif-dengan-open-source.html […]


  2. surya patra a

    Apakah benar open source linux mudah ? Apakah pemula (belum paham encoding-decoding) bisa enjoy dan menjadi bisa, saya sgt tertarik

Beri Komentar

Nama

Alamat Email

Alamat Website

Komentar