Hosting Unlimited Indonesia

Mendaftar dan Membuat VPS Ubuntu 18.04 di Alibaba Cloud

February 16th, 2020

Saat sedang membuka facebook, saya melihat iklan Alibaba Cloud sedang ada FREE Trial VPS 12 bulan. Karena pengen nyobain sekalian belajar mengelola VPS akhirnya saya main dan mendaftar di Alibaba Cloud.

Modal mendaftarnya cuma email dan kartu kredit, saya memakai kartu jenius dari bank BTPN. Tenang, uangnya tidak akan didebet seterusnya. Cuma sementara aja di debet $1 untuk verifikasi kartu kredit dan dibalikin setelah selesai. Jadi pastiin kartu kredit/debet yang kamu pakai ada saldonya.

Mendaftar Akun Alibaba Cloud

Buka website alibabacloud.com melalui browser kamu. Langsung klik tombol FREE Account yang berwarna orange.
Masukkan email dan password, kemudian verifikasi email kamu dengan memeriksa inbox dan memasukkan kode verifikasi yang dikirimkan.

Selanjutnya adalah melengkapi informasi personal kamu. Isikan semua field yang ditandai merah/diperlukan, lalu sebelum klik tombol Submit, klik dulu tombol Verifikasi no HP. (Yg sabar ya, :-))

mendaftar akun free trial vps alibabacloud

Langkah berikutnya adalah memasukkan informasi pembayaran. Berhubung saya sudah membuat akun dan menulis tutorial ini setelahnya, bagian ini tidak ada screenshotnya.

Oh ya, kartu kredit virtual atau VCC tidak bisa digunakan di tahap ini. No HP digambar diatas juga sudah hangus lol.

Meng-Order FREE Trial Cloud VPS 12 Bulan

Jika kamu sudah selesai mendaftarkan akun dan metode pembayaran kamu sudah diterima. Kamu bisa “membeli” FREE Trial ECS di Alibaba Cloud.

Kembali ke halaman utama alibabacloud.com dan klik tombol FREE Trial. Selanjutnya pilih paket ECS seperti gambar dibawah dan klik tombol Try Now.

Sebelum mengklik tombol order rubah dulu lokasi servernya, untuk ini sih bebas. Untuk jenis servernya pilih Ubuntu 18.08 atau distro Linux yang lainnya.

Perhatikan, pilihan kamu tidak bisa dirubah lagi. Jadi pastikan kamu memilih Linux sebagai OS servernya.
Jangan Windows wkwkwkkk.

Jika sudah tombol order berubah menjadi tombol Processing, tunggu sebentar. Jika halaman browser ‘hang’, kamu bisa langsung lanjut ke tahapan berikutnya.

Mengakses Instance melalui Console Alibaba Cloud

Untuk mengakses instance ubuntu melalui web browser, klik link Console, di kanan atas dekat foto profile kamu jika kamu login melalui website utama alibabacloud.com.
Jika kamu mau login langsung, login di alamat ini: https://ecs.console.aliyun.com

Setelah masuk console, di menu sidebar kiri, klik Overview. Di bawah My Resources bagian Instance klik instance yang sudah diorder dengan nama Elastic Compute Service.

Di instance yang aktif klik link Connect, untuk membuka tab baru vnc di browser kamu.

connect ke instance vps ubuntu menggunakan console

Catat password vnc yang tertera di tab baru karena password ini hanya muncul sekali.

Tutup pop up sebelumnya. Klik link Connect di kiri atas. Masukkan password vnc yang dicatat tadi.

Selanjutnya anda sudah berada di terminal Instance Ubuntu anda. Untuk usernamenya bisa menggunakan root dan password instance yang sudah dibuat (bukan password akun).

Jika password instance tidak ada, karena proses pembuatan instance hang, bisa direset di tahapan berikutnya setelah ini.

Mengakses Instance Ubuntu Melalui SSH

Untuk bisa mengakses server VPS kamu melalui SSH client atau web browser (jika sudah diinstall http server) kamu harus mengetahui IP publik VPS kamu.

Catat dan simpan ip public kamu karena kamu akan sering menggunakannya.

copy ip public vps kamu

Buka terminal Linux kamu atau ssh client kamu, misalnya PuTTY. Tuliskan perintah berikut:

ssh root@161.117.xxx.xx

Ketik yes untuk konfirmasi menerima kunci SSH dan masukkan password ketika diminta.

ssh ke alibabacloud intance ubuntu

Baca artikel cara login otomatis dan tanpa password ke server VPS kamu suppaya hidup kamu jadi lebih santai.

Mereset Password VNC dan Instance VPS Ubuntu 18.04

Untuk mereset password VNC cari dan klik link More di bagian Action instance kamu. Lihat screenshot dibagian mengkases instance melalui console diatas.

Setelah klik Action – More > Password/Key Pair > Modify VNC Password untuk merubah password VNC atau Password untuk merubah password akun root instance.

Setelah itu restart instance ubuntu dengan anda, dengan meng-klik menu Action – More tadi, pilih Instance Status > Restart. Restart harus dilakukan setiap anda mengganti password akun maupun password VNC.

OK, sampai disini dulu, selanjutnya saya akan membuat tutorial cara menginstall Nginx, MariaDB, PHP di server tadi.

Selamat mencoba!

Amrin Zulkarnain, Makhluk ganteng yang duduk di balik laptop siang dan malam. Tinggal di Ampenan, kota tua yang indah. Kunjungi saya jika anda butuh Jasa Pembuatan Website dan Tema WordPress di Lombok.

0 Komentar »

Beri Komentar

Nama

Alamat Email

Alamat Website

Komentar