Mengapa Harus Migrasi ke Linux

April 12th, 2015

Mengapa kita harus pindah ke linux, yang pasti, yang pertama ada dipikiran kita adalah kata-kata :

1. Gratis

hehehe… benar sekali, dengan menggunakan linux kita akan terhindar beban lisensi yang sangat mahal, dengan menggunakan linux kita juga terhindar dari aplikasi-aplikasi yang harus kita beli dengan harga yang mahal pula. Padahal untuk kualitas sama-sama berkualitas baik dengan aplikasi yang ada di linux.

Bayangkan saja, kalau kita menggunakan windows ( yang asli ya gan, bukan yang bajakan), bisa menghabiskan biaya $356 – $1,291 (hitung sendiri kursnya, hehehe), apalagi yang saat ini versi terbaru yaitu windows 10. tidak hanya membeli Osnya saja yang mahal, tapi juga aplikasi pendukung yang juga sangat mahal.

Apa saja itu??? contoh saja microsoft office, yang harganya sekitar $223 – $1,091, kita juga harus membeli antivirus yang harganya sangat mahal. Yang lain pun sama, seperti adobe photoshop, corel, dll. Bayangkan saja, berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli itu semua dibandingkan menggunakan linux.

2. Terhindar dari dosa mungkin yang kedua ini agak mainstream kata-katanya, ya betul. Sebagian orang yang menggunakan windows, khususnya di Indonesia, tidak mau membeli OS ini, dengan kata lain adalah mencuri, yaitu dengan crack. Nah, kalau kita menggunakan linux (yang gratis), kita tidak akan terjerat dalam kasus pencurian itu.

3. Linux itu open source (lisensi bebas) selain gratis, kita juga bisa merubah apa yang ada di dalam linux, kita bisa meremastering linux itu menjadi sebuah distro kita sendiri, yang pastinya itu sangat menyenangkan.

4. linux sangat aman dan antvirus tidak aneh komputer kita terserang oleh virus, dan sebagai contohnya adalah penulis sendiri, hingga suatu saat migrasi ke linux merasakan kenyamanan karena tidak ada virus yang masuk. lantas, linux itu aman???? benar sekali, linux sangat aman, dan sampai saat ini juga masih aman, karena bangunan sistem yang dibangun linux beda dengan windows. Virus windows tidak bisa membobol sistem linux, karena virus windows tidak bisa mengenali kode yang ada linux. Kenapa tidak diciptakan virus khusus linux? Pintar, β€œHacker adalah pecinta linux”.

5. Linux itu mudah dan User friendly Mungkin pengguna windows akan berpikir bahwa linux itu rumit, penuh dengan kode, tidak user friendly. Mungkin itu adalah pernyataan yang benar, tapi ingat, itu adalah linux zaman dulu. Sekarang sudah diterapkan Desktop Environment seperti GNOME, UNITY, KDE, LXDE, yang mungkin itu semua lebih sempurna di bandingkan windows, yang hanya menerapkan satu tampilan saja untuk setiap versinya. Mungkin itu hanya segelintir kelebihan yang dimiliki linux.

Lihat Sumber Resminya

Aris Supriyanto, Saya adalah pengguna linux yang masih pemula (newbie), yang berusaha membagikan ilmu bagi sesama newbie (master boleh baca), saya kuliah di UTY (Universitas Teknologi Yogyakarta). dan silakan kunjungi website resmi saya http://www.aris-source.com

17 Komentar »


  1. pras towo

    saya juga dari jogja
    STMIK El rahma
    pakai cent-os juga bos

  2. oalah, mana tuh? hehe

  3. Apakah linux memprotec atau tidak dapat menjalkan suatu aplikasi tertentu ? Lalu garis besar yg membedakan sitem operasi widows dengan linux itu apa ? Satu lagi untuk hiburan semisal game apakah linux recomend atau cenderung ke sesuatu yg formal misalkan hanya untuk searching dll ?

  4. ya gan saya setuju gan karena linux itu mendidik


  5. fajar setiawan suryadi

    betul banget

  6. saya jg pengguna linux nih masih newbie hehe pakai linux mint

  7. http://pemula.linux.or.id/instalasi/linux-dan-windows.html

    kok kayaknya ribet banget ya..
    itu untuk programmer pemula linux ato user pemula linux sih sebenernya..?

  8. Tapi biar lebih amannya pake antivirus di linux aja mas yg namanya ClamAV, takutnya ada virus buat linux yg masuk kn nanti berabe.

  9. Mumpung masih ada jalan utk bertaubat dari kegiatan bajak-membajak, mending segera beralih ke distro linux.. πŸ˜€

  10. https://www.youtube.com/watch?v=5pOxlazS3zs
    mudah-mudah bisa mencerahkan…

  11. Maaf gan numpang tanya , ada ga kursus khusus bwt belajar linux ?
    Saya niat migrasi ke salah satu distro linux.
    makasih πŸ™‚


  12. Muhammad Roger

    Linux itu Awesome banget buat saya πŸ™‚

  13. Iya gan setuju tuh masalah dosa, udah gabisa dilawan itu alasan menurut ane hahaha


  14. daryanto_97

    BETULL


  15. Christian Maryo Xaverius

    Salam Open Source, Linux memang bikin penggunanya tergila2 dan ketagihan..


  16. surya patra abdilah

    Saya ada pertanyaan :
    1. Os linux yg tenar di indo apa saja (+link hehe)?
    2. Apakah sudah banyak app & game yg di support/sediakan?
    3. Apakah kinerja linux ringan (setingkat apa kalau di win)
    maaf panyak nanya :v saya belum per nyoba linux (kecuali android) mohon bantuanya, saya mulai interested

  17. Saya ada jawaban:
    1. BlankOn
    2. sudah, cek steamOS dan reponya
    3. ringan. asal dibandingkan dengan menggunakan hardware yang sama dan sistem operasi keluaran tahun yang sama (teknologi OSnya rada sezaman).

Beri Komentar

Nama

Alamat Email

Alamat Website

Komentar