Menggabungkan Repository ISO/DVD Menjadi Satu

December 30th, 2013

Tulisan ini merupakan re-writing tulisan lama yang masih saya simpan di blog Belajar Linux. Pada tutorial ini saya akan menggabungkan repository Ubuntu 12.04 LTS Precise Pangolin yang berupa file ISO ukuran DVD menjadi satu repository utuh.

Meskipun tutorial ini ditulis menggunakan Ubuntu 12.04 sebagai contoh, tutorial ini bisa juga digunakan untuk release sebelum dan sesudahnya maupun turunan Debian lainnya, baik versi i386, AMD64, atau arsitektur lainnya. Hanya perlu disesuaikan sesuai versi, rilis atau arsitekturnya.

Untuk keperluan ini pastikan space yang tersedia masih cukup, kira-kira 45 Gb-an. Jika anda belum memiliki dvd iso-nya bisa mengunduh langsung di repository kambing.

Langkah Membuat Repository Dari File ISO DVD

  1. Buat dulu direktori kerja, Repo
    mkdir -p /home/amrinz/Repo/pool

    Perintah diatas akan membuat direktori Repo sekaligus direktori pool di home direktori anda. Direktori home saya adalah /home/amrinz, milik anda tentu berbeda, silahkan disesuaikan.

  2. Mount File ISO dan Kopi Isi Direktori Poolnya ke Repo/pool
    sudo mount -o loop /home/amrinz/Downloads/ubuntu-12.04-repository-i386-1_contrib.iso  /media/
    rsync -avH /media/pool  /home/amrinz/Repo/pool

    Ulangi prosedur di atas dengan mengganti sumber file isonya. Ulangi sampai file iso ke-11 ter-kopi sempurna.

  3. Download File Indeks paket dari Repository Internet
    mkdir -p /home/amrinz/Repo/dists/precise/main/binary-i386
    cd /home/amrinz/Repo/dists/precise/main/binary-i386
    wget -c http://kambing.ui.ac.id/ubuntu/dists/precise/main/binary-i386/Packages.gz

    Perintah di atas akan membuat direktori baru dengan nama dists dan seterusnya di Repo, kemudian pindah ke diretori binary-i386 lalu mendownload indeks file Packages.gz dari internet dan menyimpannya di sana.
    Ulangi rangkaian perintah di atas dengan mengganti direktori main dengan restricted, universe dan multiverse.

  4. Selesai.

Nah, dengan cara menggabungkan ke-11 file ISO/DVD Repository kita bisa menghindari keribetan saat harus menggunakan repository dengan cara mount file iso.

Cara Penggunaan Repository

Copy dan paste baris berikut ke file /etc/apt/sources.list

deb file:///home/amrinz/Repo/ precise main restricted universe multiverse

Simpan, lalu gunakan tool apt-get atau synaptic untuk menginstall software. Repository ini nantinya bisa digunakan untuk pribadi atau di-sharing melalui jaringan LAN.

Amrin Zulkarnain, Makhluk ganteng yang duduk di balik laptop siang dan malam. Tinggal di Ampenan, kota pantai yang indah, bisa menikmati sunset berjarak 100 meter dari pintu rumah.

5 Komentar »

  1. […] membuat repository offline berbasis file ISO/DVD bisa mengikuti tutorial Menggabungkan Repository ISO/DVD Menjadi Satu […]

  2. Terima kasih, Kang.

  3. eeehh ketemu kang malsasa :3

  4. kalo semisal gabungin banyak repo debian, jadi satu dalam flashdisk bootingan efisien ga ya om? 😀 kan bisa sangat membantu tuh bagi sysAdmin ga perlu bolak balik eject cd :3

  5. […] membuat repository offline berbasis file ISO/DVD bisa mengikuti tutorial Menggabungkan Repository ISO/DVD Menjadi Satu […]

Beri Komentar

Nama

Alamat Email

Alamat Website

Komentar