Modem Manager GUI Sebagai Software Dialler Untuk Linux

July 20th, 2016

Modem Manager GUI merupakan aplikasi pengganti modem bawaan usb modem yang anda gunakan ketika berinternet, di build dengan gtk+ memungkinkan aplikasi ini lebih berjalan dengan smooth dan efisien, dan aplikasi ini sangat kompatibilitas dengan semua modem yang anda gunakan, mungkin untuk beberapa fitur mungkin ada yang tidak bisa, seperti sms, ussd, traffic atau yang lainnya.

Modem Manager GUI sangat kompatible dengan device modem, akan tetapi mungkin tidak kompatible dengan modem yang tidak terdeteksi di linux seperti modem saya, kebanyakan modem huawei untuk linux. Namun untuk beberapa modem seperti smartfreen, telkomsel flash, maxis atau yang lain bisa kompatible karena memiliki fitur plug and play di device nya.

Namun Modem Manager GUI tidak memiliki fitur dial up untuk mengkoneksikan ke internet, hal ini beda dengan software bawaan modem yang wajib memiliki fitur dial up, namun saya akan berusaha memahami kode sumber aplikasi agar saya bisa membuild fitur fitur terbarunya, namum untuk solusinya anda bisa menggunakan wvdial atau langsung mengkoneksikan ke internet melalui sidebar di icon network, namun anda harus membuat dial up nya terlebih dahulu di bagian network setting.

Berikut beberapa fitur Modem Manager GUI yang sangat recomended untuk digunakan sebagai modem manager pengganti mobile partner atau software sejenis bawaan modem lainnya untuk digunakan di linux.

  • Tampilan menggunakan GTK+
  • Mengirim dan menerima pesan dengan mudah
  • Mengirim dan menerima ussd dengan sistem encoding.
  • Mengambil informasi device modem (Info device, Nama operator, Mode, IMEI, IMSI/ESN, Sinyal)
  • Scan jaringan yang tersedia
  • Mengontrol data transmision dan mengontrol traffik dan penggunaan traffik

Nah, untuk itu modem manager gui adalah pilihan yang cocok bagi anda yang sangat ingin mencari modem manager pengganti software bawaan modem seperti mobile partner.

Cara Install Modem Manager GUI Di Linux

Berikut beberapa pilihan install di linux sesuai distro atau os yang digunakan.

Fedora

yum install modem-manager-gui

Ubuntu

sudo add-apt-repository ppa:linuxonly/modem+manager+gui
sudo apt-get update
sudo apt-get install modem-manager-gui

Debian

apt-get install modem-manager-gui

Arch Linux

pacman -S modem-manager-gui

Chakra Linux

ccr -S modem-manager-gui

Mageia Linux

urpmi modem-manager-gui

Screenshoot Modem Manager GUI Di Linux

Modem Manager GUI Sms Window

Modem Manager GUI Scan Window

Modem Manager GUI Startup Window

Modem Manager GUI USSD Window

Modem Manager GUI Network Info

Modem Manager GUI Traffic Window

Lisensi

Modem Manager GUI di distribusikan berdasarkan lisensi GNU GPL v3. Untuk mendownload aplikasi ini anda harus setuju dan tunduk di bawah peraturan lisensi GNU GPL v3.

Partisipasi

Untuk berpartisipasi di project Modem Manager GUI anda bisa dan sangat sangat bisa untuk membantu project ini berkembang, dengan cara.

Silahkan anda bisa memilih salah dari satu pilihan di atas atau keduanya untuk bisa berpartisipasi di dalam project tersebut.

Kode Sumber

Anda bisa mengunduh source code untuk Modem Manager GUI di situs officialnya melalui link download yang sudah saya berikan berikut modem manager gui source code download.
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Agus Purwantoro, Hanya seorang newbie yang sangat tertarik mendalami semua hal hal yang berhubungan dengan linux, semoga tulisan saya yang saya publish bisa berguna dan bermanfaat bagi pembaca.

0 Komentar »

Beri Komentar

Nama

Alamat Email

Alamat Website

Komentar