SubDomain

April 27th, 2013

linux.or.id memberikan pinjaman subdomain ___.linux.or.id berupa record DNS kepada pihak-pihak yang memenuhi persyaratan di bawah ini (jika disetujui).

Syarat-syarat

Pemohon memahami dan menyetujui bahwa:

  • linux.or.id hanya memberikan pinjaman DNS record (NS/A/MX/CNAME/TXT) saja, dengan kata lain pemohon MEMPUNYAI SERVER SENDIRI atau memiliki hosting di server lain, linux.or.id TIDAK memberikan web space gratis , POP/IMAP email address maupun web dan email forwarder (Update: ada tawaran dari <acong(at)maxindo(dot)net> untuk hosting gratis untuk KPLI, silakan menghubungi beliau langsung jika membutuhkan),
  • subdomain selayaknya dipergunakan untuk keperluan yang berhubungan dengan komunitas Linux di Indonesia, misalnya KPLI atau Linux user group tertentu, dan nama yang dipilih seharusnya mencerminkan organisasinya, permintaan untuk perorangan tidak dilayani,
  • linux.or.id bisa mencabut record subdomain sewaktu-waktu jika dirasa perlu, (jika ragu mohon konsultasikan dengan pengurus DNS)
  • pada umumnya permintaan subdomain disetujui berdasarkan prinsip first come first served,
  • penanggung jawab memahami konsep dan etika DNS

Prosedur

Prosedurnya sederhana, cukup kirimkan semua informasi berikut ini ke pengurus DNS linux.or.id:

  1. jenis record DNS apa yang dikehendaki, dan hendak diarahkan ke mana (IP address atau hostname, BUKAN URL),
  2. nama lengkap dan alamat email permanen dari penanggung jawab,
  3. nama subdomain yang dikehendaki (mencerminkan nama KPLI-nya),
  4. penjelasan mengenai rencana penggunaan domain (dipakai untuk apa saja, misalnya web portal, email anggota, newsgroup, dll).
  5. (optional) alamat darat organisasi (KPLI/LUG) jika ada,

Catatan

Semua informasi di atas harus diberikan, kecuali jika dituliskan optional. Mohon diperhatikan bahwa belum tentu semua permintaan disetujui. Informasi yang tidak lengkap tidak akan diproses tanpa pemberitahuan lebih lanjut. Proses penambahan dan pengubahan akan dilakukan secara manual, dan dalam waktu yang tidak ditentukan. Penggunaan yang dianggap tidak pada tempatnya akan mengakibatkan subdomain dicabut.