Zimbra + ZeXtras Untuk Kantor Yang Modern

August 6th, 2016

Pernah dengar tentang Zimbra sebelumnya? Zimbra itu collaborative software suite. Ribet ngertinya ya? Gampangnya gini. Zimbra itu sistem manajemen kegiatan perkantoran yang datanya terkomputerisasi. Jadi, email kantor, kalender jadwal kegiatan, dan semacamnya sampai proses berbagi berkas dan dokumen, itu ditangani oleh satu software yang jalan di sebuah server. Jadi, semuanya online. Datanya terpusat, yang benar-benar memudahkan urusan kantor. Mau kerja pake hape juga bisa. Yah, nggampangin kolaborasi lah istilahnya.

Nah, saya dapat jatah ngetes Zimbra yang versi orang tajyir brow. ZIMBRA + ZeXtras, muahahahahaha…


Loh, kok saya malah jadi riya…? Ah sudahlah.

Yang paling penting dari sini, adalah ZeXtras. Oke? Ini yang paling yahud. ZeXtras suite ini adalah koleksi plugin-pluginnya Zimbra. Namanya Zimlets.

– ZxAdmin: Tambahan admin. Ga gitu penting.

– ZxBackup: Buat ngebekap. Biasalah.

– ZxMigration: Buat migrasi kalau ganti server. Biasalah.

– ZxMobile: Ini cakep banget. Ini buat ngesync Zimbra ke hape. ActiveSync, jadi macam mail client di hape itu, keapdet terus.

Kamu cukup enable zimlets yang ini, setelah itu tinggal add new Exchange/ActiveSync account. Masukin user, pass, sama alamat server yang kamu pasangin Zimbra, abis itu semuanya disinc ke hape kamu. Kalender, kerjaan, kontak, semuanya.

Dan ini gampang banget buat penggunanya. Serius, cuma masukin user, pass, sama alamat servernya. Ga perlu settingan yang ribet dan bikin nggak ngerti macam port berapa, ttl, dan yang lain.

– ZxPowerstore: Ini buat ngurusin spes dan semacamnya di server kamu. Cakepnya, dia bisa ngehemat spes karena data yang dilempar ke server itu dikompres lagi sama dia. Lumayan ini hematnya bisa sampe 30an persen.

– ZxChat: Ini plugin gratis. Ini bisa bikin kita ngechat bareng teman-teman sekantor lewat server yang dipasangin Zimbra.

Terus dia juga support video call.

Intinya ini macam punya Skype sendiri, tapi cuma untuk internal kantor. Jadi datanya ga ke mana-mana. Kekurangannya cuma satu. Ini nggak punya aplikasi client buat di hape. Serius, kalau ini bisa kayak Line, pasti oke punya banget. Tapi…

Secara ini protokolnya XMPP, kamu bisa ngejalanin chat ini dengan aplikasi pihak ketiga di hape kamu!

Di Android, misalnya. Kamu bisa pake Xabber. Di IOS, Chat Secure.

Lalu sebenarnya, apa gunanya make Zimbra? Jadi gini…

Kamu tau Google Apps? Yoa, yang ada kalendernya, ada google drivenya, dan semacamnya itu. Itu kayak Zimbra. Collaborative software suite juga. Terus kalau udah ada Google, ngapain repot-repot pasang Zimbra? Toh gratis, kan? Gini, karena gratis, di Google, barang dagangan utamanya itu kamu sebagai pengguna. Data-data kamu sepenuhnya di tangan Google. Bagi beberapa orang, itu tidak masalah. Tetapi, bagi beberapa orang lainnya, itu bermasalah. Dengan menggunakan Zimbra, kamu dan perusahaan kamu, tidaklah lagi jadi produk utamanya Google.

Tapi ya, terserah kamu.

Nah, khusus untuk Zimbra sendiri, kekurangannya cuma satu. Satu saja. Yang lainnya sumpah, bagus banget.

Seandainya dia punya cetingan mobile bawaannya yang emang keluarannya Zimbra dan bentuknya kayak Line di hape, sudah pasti itu jadi oke banget. Pake banget. 😀

Black_Claw, Jomblo, penuh keluhan hidup, orang paling brengsek yang bisa anda kenal.

0 Komentar »

Beri Komentar

Nama

Alamat Email

Alamat Website

Komentar